Asupan Energi Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Rabu, 13 Februari 2019 | Kesehatan
Asupan Energi Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Asupan Energi Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Asupan Energi Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui - Waktu kehamilan dan menyusui merupakan dua fase terpenting bagi seorang ibu untuk mendapatkan nutrisi bagi tubuh. Tidak hanya untuk kebutuhan tubuh ibu hamil dan menyusui, nutrisi tersebut juga baik untuk perkembangan janin dan bayo. Kekurangan nutrisi dari makanan dapat berdampak pada perkembangan janin, pertumbuhan bayi dan kesehatan ibu.

Untuk itu, pada masa kehamilan dan menyusui penting untuk ibu hamil dan menyusui mendapatkan nutrisi penting untuk tubuh. Berikut adalah beberapa asupan nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil dan menyusui:

  • Zat Besi

Zat besi membantu meningkatkan volume darah dan mencegah anemia. Asupan zat besi harian yang ideal pada masa kehamilan adalah 27 miligram. Sumber zat besi bisa didapatkan pada lobak, sayuran hijau seperti bayam, selada, kubis, biji bijian, roti, sereal dan havermut. Kandungan zat besi pada daging sapidan boga bahari juga baik untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil.

  • Asam Folat

Kandungan nutrisi ini berperan penting dalam mengurangi risiko cacat lahir, termasuk cacat tabung saraf pada janin yang mempengaruhi otak serta sumsum tulang belakang janin. Kebutuhan asam folat harian di masa kehamilan yaitu 600 sampai 800 mikrogram. Sumber asam folat bisa didapatkan dalam sayuran hijau, kacang kacangan, telur, hati sapi, buah jeruk, stroberi, lemon, mangga dan tomat.

  • Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber kalori yang penting bagi ibu hamil. Makanan sumber karbohidrat terbaik yang bisa dikonsumsi antara lain nasi, kentang, sereal, pasta, sayuran dan buah.

  • Protein

Protein berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel atau jaringan, termasuk sel otak pada janin. Protein juga membantu membantu pertumbuhan jaringan payudara ibu hamil, serta berperan penting dalam meningkatkan suplai darah dalam tubuh. Para ahli merekomendasikan 75 sampai 100 gram protein per hari. Sumber protein terbaik untuk ibu hamil dan menyusui antara lain daging sapi tanpa lemak, ikan, boga bahari, daging ayam, daging domba, tahu dan kacang kacangan.

  • Kalsium

Tidak hanya menguatkan tulang dan gigi, kalsium juga bermanfaat untuk membangun tulang dan gigi janin. Selain itu, kalsium membantu tubuh untuk mengatur cairan, membantu kerja fungsi sarap dan kontraksi otot. Kebutuhan kalsium selama kehamilan sekitar 1000 miligram per hari. Sumber kalsium terbaik terdapat dalam keju, susu, yogurt, ikan sarden atau salmon dan bayam.

  • Lemak Sehat
Lemak sehat atau lemak tidak jenuh. Setiap ibu hamil dan menyusui wajib memberikan asupan nutrisi lemak sehat sebagai cadangan energi untuk pertumbuhan janin dan bayi. Selain itu, lemak sehat juga baik untuk pertumbuhan otak dan sistem saraf janin dan bayi. Namun, konsumsi lemak tetap harus dibatasi agar tidak menyebabkan obesitas terhadap ibu dan bayi.

itu adalah beberapa daftar asupan energi untuk saat hamil dan menyusui.

Dan berikut daftar makanan sebagai sumber energi bagi tubuh :

  • Karbohidrat

Karbohidart adalah senyawa kimia yang tersusun oleh unsur C, H dan O. Bahan makanan yang kaya akan karbohidrat adalah beras, jagung, serelia, kentang, tepung, gandum, gula, umbi umbian dan buah buahan yang rasanya manis.

  • Protein

Protein adalah senyawa kimia yang memiliki kandungan unsur C, H, O, N dan terkadang juga memiliki kandungan unsur P dan S. 1 gram protein menghasilkan 4 kalori.

  • Lemak

Lemak adalah senyawa kimia yang memiliki kandungan unsur C, H dan O. Lemak memberi 9 kilo kalori per gram, melarutkan vitamin A, D, E, K dan menyediakan asam lemak esensial untuk tubuh.

Berapa Banyak Kalori Yang Dibutuhkan Oleh Ibu Menyusui?

Para ahli laktasi menyarankan bagi wanita menyusui untuk mendapat 500 kalori lebih banyak per harinya dibandingkan dengan yang tidak menyusui. Jadi dapat disimpulkan kebutuhan kalori ibu menyusui berkisar antara 2.500 sampai 2.700 kalori per hari.

Namun, seorang wanita menyusui harus fokus pada tanda lapar tubuh bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan kalori ibu menyusui saja. Pada saat menyusui wanita harus mempertahankan kecukupan nutrisi dan gizi yang diasup. Pasalnya asupan masa menyusui akan menentukan kualitas ASI yang dihasilkan.

Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

  1. Granola dan Muesli, sumber karbohidrat dan serat yang baik untuk menutrisi tubuh.
  2. Susu Nabati, untuk mencukupi asupan nutrisi kalsium.
  3. Salmon.
  4. Yogurt dan Parfait, untuk mencukupi nutrisi kalsium dan probiotik.
  5. Telur Rebus Matang.

Agar masa kehamilan dan menyusui berjalan lancar selalu penuhi asupan energi dan nutrisi dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang merupakan sumber energi dan nutrisi.

Baca Juga : Jangan Habbatussauda Untuk ibu Hamil

Sumber :

alodokter.com/kebutuhan-nutrisi-gizi-ibu-hamil-yang-harus-dipenuhi
hellosehat.com/parenting/menyusui/jumlah-kebutuhan-kalori-ibu-menyusui/
seruni.id/sumber-energi/
lemonilo.com/blog/5-rekomendasi-nutrisi-dan-makanan-yang-wajib-dikonsumsi-oleh-ibu-hamil-menyusui

Asupan Energi Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui, Berapa Banyak Kalori Yang Dibutuhkan Oleh Ibu Menyusui, Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

  • Masalah penyakit batu empedu

    Masalah penyakit batu empedu

    Masalah penyakit batu empedu
    Demi memiliki tubuh ideal, terkadang kita melakukan beragam diet, mulai dari mengurangi asupan karbohidrat, gula hingga ada yang s

  • Cara Metode Ruqyah

    Cara Metode Ruqyah

    Menurut KKBI ruqyah adalah metode penyembuhan suatu penyakit dengan membacakan sesuatu kepada orang yang terkena gangguan jin, gila, sihir, dan kerasukan...

  • Fakta Stress Pikiran Memperburuk Penyakit Diabetes

    Fakta Stress Pikiran Memperburuk Penyakit Diabetes

    Diabetes merupakan penyakit nomor 3, sehingga diabetes perlu diwasapadai. Diabetes adalah penyakit kronis dimana kadar gula(glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal...

  • Khasiat Utama dari Habbasyifa

    Khasiat Utama dari Habbasyifa

    Habbasyifa adalah minyak Habbatusauda Habbasyah yang diolah dan dimasukan ke dalam kapsul. Habbasyifa sendiri diambil dari Habbatussauda berkualitas yang diperoleh dari proses cold pressure atau proses melakukan tekanan pada suhu…

  • Manfaat dari Habbatussauda Jenis Cair

    Manfaat dari Habbatussauda Jenis Cair

    Sejatinya, habbatussauda adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama Nigella sativa dari keluarga Ranunculaceae, tanaman asli Asia Selatan dan Asia Barat...