Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Selasa, 29 Januari 2019 | Kesehatan Anak
Cara Menambah Nafsu Makan Anak
Cara Menambah Nafsu Makan Anak - Kekhawatiran terbesar orang tua adalah ketika anak mudah sakit, sebentar-sebentar demam, sebentar-sebentar batuk pilek. Daya tahan tubuh anak memang sedang berkembang pada masanya, dengan banyaknya bakteri dan virus yang berada disekitar anak menjadikan nya rentan untuk sakit. Daya tahan tubuh anak sangat ditopang oleh asupan makanan dan gizi untuk kesehatan dan perkembangan anak.

Masalah yang selalu dikeluhkan oleh para ibu adalah ketika si anak tidak memiliki nafsu makan yang tinggi. Menjadikannya terlihat loyo dan mudah lelah, dan lebih sering jajan makanan yang tidak sehat.

Hal ini harus diperhatikan cermat oleh sang orang tua, karena tentu saja asupan gizi yang tidak seimbang sangat menentukan. Pada masa anak hingga remaja merupakan masa dimana organ-organnya berkembang dan daya tahan tubuh mulai terbentuk sempurna. Dengan berkurangnya asupan gizi, tentunya menjadi persoalan serius bagi si anak.

Anak Susah Makan

Cara Meningkatkan Nafsu Makan

Nafus makan yang rendah dari si anak ditentukan beberapa faktor. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda coba sebagai cara menambah nafsu makan anak, antara lain:

  • Jangan memaksa anak - Seringkali orang tua memaksa anak untuk makan, karena khawatir dengan kondisi anak. Namun sebenarnya akan berdampak negatif, ketika waktu makan anak akan merasa terintimidasi dan membuat anak kurang sensitif terhadap rasa lapar di kemudian hari.
  • Tampilan makanan kurang menarik -Rata-rata orang tua tidak terlalu memperhatikan tampilan dari menu makan yang diberikan, padahal dengan memberikan tampilan menu makanan yang berwarna-warni dan menarik mata tentu akan membuat waktu makan menjadi menyenangkan juga menarik minat si anak untuk makan. Dapat dikombinasikan
  • Sajian yang berwarna-warni akan menarik mata, sehingga diharapkan dapat membuat waktu makan menyenangkan. Anda dapat mencoba mengkombinasikan bermacam-macam sayur dengan warna berbeda, dan sajikan bersama sumber karbohidrat, protein, dan lemak, dalam porsi makan yang seimbang.
  • Aroma Makanan - Aroma makanan yang menggoda akan membuat si anak meningkat nafsu makannya.
  • Bagi dalam porsi kecil - Untuk anak yang sering tidak habis makanannya, dapat dilakukan membagi dalam posi yang kecil.
  • Minum Secukupnya - Usahakan agar si anak tidak cepat kenyang akibat terlalu banyak minum. Sehingga nafsu makan tetap ada dan mencegah rasa kenyang, sebaiknya hindari minum terlalu banyak selama waktu makan. Bila akan memberikan minuman biasakan setelah selesai makan.
  • Libatkan Anak saat penyajian - Untuk menarik minat si anak makan, maka orang tua dapat melibatkannya saat menyajikan makanan.
  • Konsultasi ke dokter - Jika nafsu makan terus terganggu, anda dapat mengkonsultasikan keluhan ke dokter. Biasanya akibat kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc, diketahui dapat menurunkan nafsu makan dan memicu gangguan indera pengecap.


Jika dirasa perlu anda dapat memberikan suplemen vitamin anak, agar anak mau makan dan kebutuhan gizinya tetap tercukupi.

anak susah makan, anak susah makan nasi, anak susah makan apa obatnya, anak susah makan saat sakit, anak susah makan sayur, anak susah makan maunya asi, anak susah makan menurut ustad danu, anak susah makan dan minum susu, anak susah makan usia 1 tahun, anak susah makan setelah disapih, anak susah makan kenapa ya, anak susah makan buah, anak susah makan maunya minum susu, anak susah makan saat tumbuh gigi, anak susah makan saat diare, anak susah makan dan muntah, anak susah makan mpasi, anak susah makan usia 13 bulan, anak susah makan umur 18 bulan, anak susah makan sayur dan buah, anak susah makan usia 10 bulan,