Kandungan Tidak baik dari habbatussauda untuk promil

Rabu, 24 Oktober 2018 | Kesehatan
Kandungan Tidak baik dari habbatussauda untuk promil

Kandungan Tidak baik dari habbatussauda untuk promil

Apa itu Habbatussauda ?

Kandungan Tidak baik dari habbatussauda untuk promil - Sejatinya, habbatussauda adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama Nigella sativa dari keluarga Ranunculaceae, tanaman asli Asia Selatan dan Asia Barat.
Di negara asalnya, jintan hitam sering digunakan sebagai bumbu penyedap dan pengawet alami untuk masakan India dan Timur Tengah. Jintan hitam memiliki rasa dan aroma khas pahit-pedas seperti kombinasi bawang merah, lada hitam, dan oregano. 

Ciri Umum Tanaman Habbatussauda / Jintan Hitam :

  1. Tinggi pohon sekitar 20-50cm, batang tegak, berkayu membentuk bulat menusuk
  2. Bentuk daun bulat telur dengan ujung meruncing, bercabang, serta bergaris (bentuk garis daun tidak seperti genus sativa pada umumnya, garis pada daun jintan hitam tidak seperti benang), permukaan daun tumbuh bulu-bulu halus, posisi daun tersebar atau berhadapan
  3. Bunga jintan hitam mempunyai bentuk yang beraturan, warna bunga biru pucat atau putih, mempunyai  5-10 mahkota
  4. membentuk bulat menusuk.Bentuk daun bulat telur dengan ujung meruncing, bercabang, serta bergaris (bentuk garis daun tidak seperti genus sativa pada umumnya, garis pada daun jintan hitam tidak seperti benang), permukaan daun tumbuh bulu-bulu halus, posisi daun tersebar atau berhadapan.Bunga jintan hitam mempunyai bentuk yang beraturan, warna bunga biru pucat atau putih, mempunyai  5-10 mahkota.Buah jintan hitam mempunyai tekstur yang keras, besar, mengembung, berisi 3-7 unit folikel, setiap folikel mengandung biji atau benih yang sering digunakan sebagai bahan rempah : Rasa pahit serta aroma menyerupai buah strowbery
  5. Unsur-unsur yang terdapat pada biji jintan hitam antara lain minyak atsiri, minyak lemak, d-limonena, simena, glukosida, saponin, zat pahit, jigelin, nigelon, serta timokonon

Manfaat habbatussauda pertama kali diteliti oleh Ibnu Sina, ilmuwan Persia yang dianggap sebagai salah satu pemikir dan penulis paling terkenal dari Zaman Keemasan Islam, dalam jurnal medisnya Canon of Medicine. Ibnu Sina menulis bahwa biji jintan hitam ini bermanfaat sebagai pengobatan sesak napas, baik karena gejala asma atau karena masalah pernapasan lainnya.

Dalam pengobatan tradisional, habbatussauda digunakan terutama sebagai perangsang produksi ASI, dan obat cacingan. Jintan hitam juga telah digunakan sebagai diuretik dan pelemas otot (untuk kedutan dan kejang), serta untuk meningkatkan kekebalan tubuh guna melawan penyakit menular pada orang yang memiliki sistem imun lemah.

Selain itu, biji jintan hitam telah digunakan untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi, serta flu dan hidung tersumbat. Habbatussauda juga telah digunakan untuk mengobati mata merah (konjungtivitis), wasir, luka bernanah (abses), rematik, reaksi alergi, hingga masalah pencernaan — seperti diare, disentri, sembelit, kolik, dan perut kembung. Minyak habbatussauda yang dioles ke kulit juga dilaporkan bisa menyembuhkan reaksi alergi kulit akibat dermatitis kontak.

Manfaat Habbatussauda / Jintan Hitam Untuk Kesehatan dan Kecantikan :

  • Mengatasi Serangan Jantung
  • Mengatasi Kanker
  • Mengatasi Stroke
  • Penyubur ASI
  • Mengatasi Penyakit diabetes
  • Mengatasi Radang Kulit
  • Menebalkan Bulu pada tubuh
  • dll

Secara umum habbatussauda dapat dikonsumsi oleh semua orang mulai dari anak balita sampai dengan orang tua. Dan tidak ada syarat atau pantangan dalam mengkonsumsi herbal ini. Sampai sekarang tidak pernah ada laporan efek samping pengunaan habbatussauda jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Tetapi secara umum dalam mengkonsumsi herbal juga tidak boleh berlebihan, tetapi harus sesuai dengan dosis dan aturan serta indikasi penyakit dan terutama untuk ibu hamil sangat dilarang.

Kenapa Dilarang ?

Karena Dalam pengonsumsian habbatussauda secara sembarangan akan menimbulkan panas dalam tubuh yang berlebih, dan panas itu sangat berpengaruh dengan janin dalam perut, harus selalu konsultasikan kepada dokter ahli untuk pengonsumsian ibu hamil.

Dosis yang dianjurkan :

Dosis mengkonsumsi habbaussauda biasanya disesuaikan dengan umur dan berat ringannya penyakit serta jenis sediaan habbatussauda dan proses pengolahannya. Biasanya pada anak – anak dosis minum mulai dari 2-3 x ½ – 1 kapsul atau 2-3 x ½ – 1 sendok teh (untuk sediaan minyak), sedangkan dosis orang dewasa 3 x 2 – 5 kapsul, atau 3 x 1-2 sendok (untuk sediaan minyak). Untuk pencegahan konsumsi habbatussauda cukup ½ – 1 kapsul pada anak – anak, dan 1-2 kapsul pada dewasa.

Habbatussauda bersifat sebagai antivirus, jadi insyaallah bisa digunakan untuk membantu mengobati penyakit hepatitis, tetapi sebaiknya pengobatan ini dibantu dengan herba lainya untuk mendapatkan hasil optimal, antara lain temulawak, meniran dan sambiloto.

Kandungan Habbatussauda Untuk Promil,