Masalah penyakit batu empedu

Rabu, 13 Februari 2019 | Kesehatan
Masalah penyakit batu empedu

Masalah penyakit batu empedu

Masalah penyakit batu empedu - Demi memiliki tubuh ideal, terkadang kita melakukan beragam diet, mulai dari mengurangi asupan karbohidrat, gula hingga ada yang sama sekali tidak makan nasi. Padahal beberapa menu diet ekstrim terkadang tidak menyediakan nutrisi lengkap yang harusnya dibutuhkan tubuh. Hal inilah yang justru bisa membahayakan kesehatan.

Lebih dari itu, diet yang salah justru akan mendatangkan beragam penyakit, mulai dari anoreksia hingga batu empedu. Khusus untuk penyakit batu empedu, kita terkadang tidak sadar memilikinya sampai akhirnya batu empedu memblokir saluran empedu, dan menyebabkan rasa sakit yang kian parah jika tidak segera ditangani.

Oleh karena itu kita perlu mengenal penyakit ini lebih dalam lagi sebelum memutuskan melakukan diet ekstrim.

Apa itu Batu empedu ?

Batu empedu merupakan batuan kecil yang berasal dari kolesterol, dan terbentuk di saluran empedu manusia. Pada sebagian besar kasus, batu empedu ini tidak akan menimbulkan gejala apapun. Namun, terkadang batu ini akan menyumbat bagian ujung empedu sehingga akan memicu rasa sakit mendadak yang cukup hebat. Nyeri ini disebut dengan nyeri kolik, dan dapat bertahan selama beberapa jam.

Ukuran batu empedu bermacam-macam. Ada yang sekecil butiran pasir dan ada yang sebesar bola pingpong. Jumlah batu yang terbentuk dalam kantong empedu juga bervariasi, misalnya ada orang yang hanya memiliki satu buah batu dan ada yang lebih banyak.

Apa penyebab batu empedu ?

Batu empedu Ternyata terbentuk akibat pengerasan kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara jumlah kolesterol dan  senyawa kimia dalam cairan tersebut.

berikut merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena batu empedu:

  1. Jenis kelamin. Risiko wanita untuk terkena penyakit batu empedu lebih tinggi dibandingkan pria.
  2. pengaruh berat badan. Risiko Anda untuk terkena batu empedu akan meningkat jika mengalami kelebihan berat badan, obesitas, hingga penurunan berat badan drastis.
  3. faktor usia. Risiko penyakit batu ginjal akan bertambah seiring usia. Penyakit ini umumnya dialami orang yang berusia di atas 40 tahun.
  4. dampak dari melahirkan. Wanita yang melahirkan memiliki risiko lebih tinggi. Penyebabnya mungkin karena meningkatnya kadar kolesterol akibat perubahan hormon estrogen selama masa kehamilan.
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak, tinggi kolesterol dan rendah serat.
  6. malas gerak
  7. Memiliki anggota keluarga, seperti orangtua, saudara kandung, kakek, dan nenek dengan riwayat penyakit ini.
tanda-tanda dan gejala dari batu empedu

Secara umum gejala batu empedu dapat seperti:

  • Nyeri mendadak dan terus-menerus pada perut kanan atas.
  • Nyeri mendadak dan terus-menerus pada perut tengah, di bawah tulang dada.
  • Nyeri punggung di antara tulang bahu Anda.
  • Nyeri di bahu kanan.
  • Demam.
  • BAB dempul, berwarna putih atau pucat.Mual dan muntah.

Bagaimana Cara mengatasi Batu EmpeduMenurut beberapa ahli herbal menyarankan untuk mengkonsumsi minyak zaitun yang dicampur jus lemon setengah butir dua kali sehari untuk menghilangkan batu empedu. Selain itu, Dengan mengkonsumsi habbatussauda selama beberapa bulan akan meningkatkan fungsi liver dan organ dalam dan mencegah pembentukan batu empedu baru.

Solusi Terbaik Mengatasi Batu Empedu / fungsi hati

Sumber :

//musasabilillah.blogspot.com/2012/07/batu-empedu-dan-pengobatannya.html
//www.alodokter.com/batu-empedu
//hellosehat.com/penyakit/batu-empedu-adalah/
//tirto.id/penyakit-batu-empedu-kenali-gejala-penyebab-dan-pengobatannya-dcob

masalah batu empedu, apa itu batu empedu,

  • Cara Metode Ruqyah

    Cara Metode Ruqyah

    Menurut KKBI ruqyah adalah metode penyembuhan suatu penyakit dengan membacakan sesuatu kepada orang yang terkena gangguan jin, gila, sihir, dan kerasukan...

  • Fakta Stress Pikiran Memperburuk Penyakit Diabetes

    Fakta Stress Pikiran Memperburuk Penyakit Diabetes

    Diabetes merupakan penyakit nomor 3, sehingga diabetes perlu diwasapadai. Diabetes adalah penyakit kronis dimana kadar gula(glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal...

  • Khasiat Utama dari Habbasyifa

    Khasiat Utama dari Habbasyifa

    Habbasyifa adalah minyak Habbatusauda Habbasyah yang diolah dan dimasukan ke dalam kapsul. Habbasyifa sendiri diambil dari Habbatussauda berkualitas yang diperoleh dari proses cold pressure atau proses melakukan tekanan pada suhu…

  • Manfaat dari Habbatussauda Jenis Cair

    Manfaat dari Habbatussauda Jenis Cair

    Sejatinya, habbatussauda adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama Nigella sativa dari keluarga Ranunculaceae, tanaman asli Asia Selatan dan Asia Barat...

  • Cara Menambah Nafsu Makan Anak

    Cara Menambah Nafsu Makan Anak

    Kekhawatiran terbesar orang tua adalah ketika anak mudah sakit, sebentar-sebentar demam, sebentar-sebentar batuk pilek. Daya tahan tubuh anak memang sedang berkembang pada masanya, dengan banyaknya bakteri dan virus yang berada…